RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XII/I
Alokasi Waktu : 1 x 35 menit
STANDAR KOMPETENSI
Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan.
KOMPETENSI DASAR
Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
A. Indikator
ü Kognitif
a. Produk
1. Memahami konsep GLBB (konsep Percepatan)
2. Menjelaskan konsep gerak vertikal
3. Membedakan konsep gerak jatuh bebas, gerak vertikal ke atas dan gerak vertikal ke bawah
4. Menguasai konsep matematis pada masing-masing gerak vertikal
b. Proses
1. Mendeskripsikan konsep GLBB (perubahan kecepatan yang dialami benda yang bergerak lurus vertikal)
2. Mendemonstrasikan contoh gerak vertikal
3. Menggunakan konsep matematis percepatan benda yang bergerak pada masing-masing kasus benda yang bergerak vertikal
ü Afektif
1. Karakter:
Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggungjawab; serta berperilaku santun
2. Keterampilan Sosial:
Bekerja sama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain.
B. Tujuan Pembelajaran
a. Produk
1. Siswa dapat memahami konsep GLBB (konsep percepatan).
2. Siswa dapat menjelaskan konsep-konsep gerak benda secara vertikal
3. Siswa dapat mendeskripsikan perbedaan konsep gerak jatuh bebas, gerak vertikal ke atas, gerak vertikal ke bawah
4. Siswa dapat mendeskripsikan perbedaan konsep matematis pada gerak jatuh bebas, gerak vertikal ke atas, gerak vertikal ke bawah
5. Siswa dapat mengaplikasikan konsep GLB dan GLBB dalam kehidupan sehari-hari
b. Proses
1. Diberikan stimulus melalui pertanyaan-pertanyaan tentang gerak lurus yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya sehingga siswa dapat menjelaskan konsep yang harus dipahami dalam GLBB.
2. Melalui diskusi kelompok secara berpasangan, siswa dapat menjelaskan konsep gerak vertikal yang dipengaruhi oleh gravitasi bumi yang merupakan contoh GLBB dalam kehidupan sehari-hari (gerak jatuh bebas, gerak vertikal ke atas, gerak vertikal ke bawah)
3. Dengan diskusi kelompok dan fasilitas dari guru, siswa dapat menyimpulkan dengan benar konsep dari materi yang diberikan secara menyeluruh dan terintegrasi.
c. Afektif
1. Terlibat aktif dalam pembelajaran dan menunjukkan karakter berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan berperilaku santun
2. Bekerjasama dalam kegiatan praktik dan aktif menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain dalam diskusi
d. Psikomotorik
1. Mampu berkomunikasi dengan baik dalam kegiatan diskusi dan presentasi
C. Materi Pembelajaran : Gerak Lurus (Gerak Vertikal)
D. Metode Pembelajaran
ü Pendekatan direct instructional
ü Menemukan sendiri
ü Diskusi kelompok
ü Demonstrasi
E. Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe TPS (Think Pair and Share)
F. Sumber Belajar
a. Buku Siswa untuk SMP Kelas VII
b. Internet
c. Lingkungan Sekitar
G. Alat/Bahan
- 3 buah bola
- Potongan kertas kesimpulan
G. Kegiatan Belajar Mengajar
Pertemuan (1 x 35 menit)
No | Aktivitas Pembelajaran | Penilaian | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | |||
a | Pendahuluan (5 menit) | | | |||
1 | Motivasi dan Apersepsi: Sebuah benda dikatakan bergerak lurus jika benda itu? Apa itu percepatan dan bagaimana konsep benda yang mengalami percepatan? | | | | | |
2 | Prasyarat pengetahuan: Apakah perbedaan mendasar konsep GLB (uniform velocity) dan GLBB (uniform acceleration)? | | | | | |
| | | | |||
b | Kegiatan Inti (25 menit) | | | |||
1 | Guru meminta salah seorang siswa menuliskan persamaan kecepatan untuk GLBB | | | | | |
2 | Siswa dibimbing guru mendeskripsikan persamaan kecepatan dan jarak pada GLBB serta konsep dasar percepatan yang dialami benda | | | | | |
3 | Guru menanyakan contoh GLBB dalam kehidupan sehari-hari | | | | | |
4 | Guru memaparkan 3 kasus contoh GLBB yaitu gerak vertikal yang dipengaruhi oleh percepatan gravitasi (Think) | | | | | |
5 | Guru meminta siswa berpasangan dan membagi mereka dalam 3 kelompok besar untuk membahas ketiga kasus tersebut (Pair) | | | | | |
5 | Setiap kelompok berpasangan mendiskusikan kasus yang diberikan pada mereka | | | | | |
6 | Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok masing-masing (Share) | | | | | |
7 | Guru memberikan tanggapan pada hasil diskusi setiap anggota kelompok. | | | | | |
8 | Guru memberikan penguatan pada konsep-konsep yang sudah benar, dan meluruskan pendapat atau jawaban-jawaban siswa yang belum benar. | | | | | |
9 | Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang bisa mempresentasikan materi diskusi dengan baik. | | | | | |
| | | | | | |
| Penutup (5 menit) | | | |||
1 | Guru memfasilitasi siswa untuk membuat kesimpulan materi yang dibahas secara bersama-sama. | | | | | |
2 | Guru memberikan tugas untuk membuat contoh soal untuk masing-masing kasus gerak vertikal (yang dipengaruhi percepatan gravitasi bumi) | | | | | |
H. Penilaian
Teknik : Penilaian Produk
Penilaian Kinerja
Penilaian Afektif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar